Sabtu, 29 Oktober 2011

Kura-Kura Darat terkecil di Dunia

Saat mendengar kaliamat "Kura-kura darat" biasanya kita langsun membayangkan kura-kura bertubuh sangat besar seperti kura-kura Galapagos atau Geochelone nigra. tapi, tahukah anda bahwa kura kura darat juga ada yang berukuran "mini"??
Yak, adalah Testudo kleinmani atau Egyptian tortoise. Kura-kura ini secara alami hidup di Mesir sampai Libya dan bagian Israel. namun di Mesir kura-kura ini sudah diangap punah. Kura-kura ini memakan buah-buahan, rerumputan dan tumbuhan gurun lainnya. Penasaran sekecil apa ukuran kura-kura ini? ukuran kura-kura dewasa betina paling besar 15cm sedangkan ukuran kura-kura jantan dewasa hanya 9cm. 


Karena tinggal di tempat dengan suhu yang panas, kura-kura ini memiliki prilaku yang unik. Kura-kura ini aktif pada pagi sampai menjelang siang hari, saat siang hari, dimana suhu sangat panas, kura-kura ini istirahat dan baru akan aktif kembali saat sore hari dimana suhu sudah mulai dingin. Kura-kura ini istirahat di liang atau lubang yang dibuat oleh tikus atau mamalia lain.
Sayangnya, karena bentuknya yang imut kura-kura ini banyak dijadikan komoditi perdagangan sebagai hewan kesayangan sehingga di alam semakin jarang. ditambah lagi dengan hilangnya habitat akibat pertanian, pemukiman, industri dan lain-lain. Menurut IUCN Red List, kura-kura ini termasuk dalam status critically endangered.

Ditulis Oleh Farid Kuswantoro (T.16)



0 komentar:

Posting Komentar