Sabtu, 29 Oktober 2011

The Lonesome George

 Beginilah nasib Mr. George yang lagi kesepian, perkenalkan nama bekennya. Mr. Lonesome George, nama ilmiahnya Geochelone nigra abingdoni (Günther, 1877). Satu-satunya individu yang masih tersisa dari subspesies Geochelone nigra abingdoni (salah satu dari sebelas subspesies kura-kura Galápagos asli Kepulauan Galapagos).



Penghuni pribumi Pulau Pinta ini (pulau terisolasi yang berada di sebelah utara kepulauan Galapagos), sudah tercatat di Guinnes book sebagai makhluk hidup paling langka dan akhirnya menjadi simbol konservasi baik di Galapagos maupun di dunia internasional. Mr. George diperkirakan berusia 60-90 tahun dengan berat tubuh mencapai 90 kg.


Mr. George pertama kali ditemukan pada tanggal 1 Desember 1972 di Pulau Pinta oleh ahli biologi Amerika: Yusuf Vagvolgyi, kemudian segera dibawa ke balai penelitian Charles Darwin di Pulau Santa Cruz. Agar tidak punah, para ilmuwan telah berusaha untuk mengawinkan Mr. George sejak tahun 1993. Mr.George diperkenalkan dengan 2 kura-kura betina dari subspesies yang berbeda dari pulau tetangga (Pulau Isabela). “Perjodohan” ini berhasil, salah satu dari betina tersebut menghasilkan telur yang fertil. Tim Galapagos National Park  sempat menggambarkan bahwa telur terbaru, berada dalam kondisi sempurna, dan sedang dirawat di pusat inkubasi. Namun, setelah ditunggu-tunggu selama 120 hari masa inkubasi, telur tersebut tidak juga menetas L. Alhasil Mr. George gagal menjadi seorang ayah, dan kini hidupnya benar-benar sendiri. Hiks T.T
Kura-kura di Galápagos sudah lama diburu untuk dikonsumsi dagingnya. Perburuan biasanya dilakukan oleh para pelaut yang mendarat di Kepulauan Galapagos. Charles Darwin, ketika mendarat di Galápagos pada 1835, menggambarkan bahwa ia dan awak Beagle nya,  hidup sepenuhnya pada daging kura-kura. Jadi wajar saja jika populasi kura-kura di Kepulauan Galapagos mendekati kepunahan. Buat yang masih sayang dengan kura-kura khususnya di Indonesia, yuk kita jaga kelestariannya. Jangan sampe ada yang senasib dengan Mr. George, ok? Dan mari berdoa untuk Mr. George agar diberi usia panjang, segera dapat jodoh plus dikaruniai momongan yang saleh dan salehah biar ngga punah :p, amin.

Ditulis oleh Wahyu Prihartini (T.19)

0 komentar:

Posting Komentar