Sabtu, 29 Oktober 2011

Testudinata adalah...

    Ordo Testudinata adalah hewan reptil yang sangat mudah dikenali karena memiliki tempurung atau cangkang di tubuhnya. Anggota Ordo testudinata diperkirakan telah ada di dunia sejak zaman Triasik sekitar 225 juta tahun yang lalu. Testudinata, biasanya disebut kura-kura, penyu, atau bulus dalam bahasa Indonesia tergantung dimana dia hidup dan bagaimana penampakanya secara umum.

       Tempurung kura-kura terdiri dari karapaks, yang berbentuk cembung di bagian pungung, dan plastron yang bentuknya relatif datar di bagian dada. Biasanya di samping tubuh karapaks dan plastron dihubungkan oleh keping yang disebut bridge. Tempurung pada kura-kura dapat keras atau lunak tergantung dari sifat tulang pembentuknya.
       Kura-kura dan kerabatnya dalam ordo Testudinata tidak memiliki gigi. Mereka memiliki rahang yang mengeras sehingga dapat digunakan untuk memotong makananya. Kura-kura adalah hewan yang dapat memakan daging, alga, buah-buahan ataupun dedaunan tergantung habitat hidupnya. seperti halnya reptil lain, kura-kura bernafas dengan paru-paru, tidak peduli dimanapun ia hidup.
     Kura-kura bereproduksi dengan cara bertelur. Telur kura-kura jumlahnya bervariasi tergantung spesiesnya. Telur kura-kura biasanya ditimbun dengan tanah atau serasah, khusus untuk penyu biasanya ditimbun dengan pasir pantai. Kura-kura jantan dan betina dapat dibedakan dengan melihat plastronya, plastron kura-kura jantan biasanya terdapat cekungan, sedangkan plastron kura-kura betina biasanya datar. Kura-kura jantan biasanya memiliki kuku dan ekor yang lebih panjang dari pada kuku dan ekor kura-kura betina. Jenis kelamin kura-kura ditentukan oleh suhu saat telur diinkubasi, fenomena ini disebut Temperature Dependent Sex-Determination.
      Kura-kura adalah hewan yang sangat beranekaragam. sedikitnya di seluruh dunia terdapat 293 spesies anggota testudinata. mereka hidup di samudera, hutan bahkan sampai gurun pasir. meraka juga tersebar dari daerah tropis sampai daerah sub-tropis, bahkan penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dapat menjelajah samudra sampai daerah dekat kutub untuk mencari makan.

Ditulis oleh : Farid Kuswantoro (T.16)

0 komentar:

Posting Komentar